Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CD-INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH KOMBINASI CABRI II UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
Adi Nurdianto

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika banyak disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan terkesan monoton. Oleh karena itu penggunaan media sebagai sarana diharapkan dapat menjadikan sebagai pendukung proses belajar mengajar untuk memotivasi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah media yang dibuat oleh penulis yaitu CD-Interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran ; untuk membuat media Cdinteraktif yang efektif digunakan dalam pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 BOJONG mulai dari 11 april sampai 24 april 2104. Subjek penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan model prosedural dari ADDIE yaitu analysis ,design, development , implementation, dan evaluation.Hasil penelitian menunjukan persentase penilaian dari ahli media adalah 81,55 % , ahli materi adalah 83, 60 % dan dari tanggapan siswa adalah 82,33 % . Kemudian selanjutnya adalah dari hasil kesamaan dua rata-rata diperoleh rata-rata kelas eksperimen 83,742 dan kelas kontrol 69, 853 selanjutnya kedua rata-rata diuji menggunakan uji t, dari uji t tersebut diperoleh nilai thitung 9,450 dan ttabel 1,667.Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa media yang dibuat layak digunakan karena dari ketiga penilaian menunjukan pada kualifikasi layak.Selanjutnya dari hasil uji t menunjukan bahwa media CDInteraktif efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, CD-Interaktif, Macromedia flash ,cabri II


Full Text: 495-500