Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PROFIL HABITS OF MIND SISWA SMA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DAN DISKUSI
Rose Ash Sidiqi Marita

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian tentang profil habits of mind dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan habits of mind siswa kelas XI pada konsep sistem respirasi. Habits of mind yang diteliti mengacu pada habits of mind yang dikembangkan oleh Costa dan Kallick (2009), meliputi 16 kategori, yaitu Persisting, Managing impulsivity, Listening with understanding and emphaty, Thinking flexibly, Metacognition, Striving for accuracy, Questioning and problem posing, Applying past knowledge to new situations, Thinking and communicating with clarity and precesion, Gathering data throught all sense, Creating, imagining and innovating, Responding with wonderment and awe, Taking responsible risk, Finding humour, Thinking interdependently, Reamining open to continuous learning.Penelitian dengan menggunakan deskriptif kuantatif dilaksanakan dengan melibatkan sejumlah siswa SMA kelas XI di salah satu SMA sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa habits of mind siswa pada dua kategori sangat baik dan cukup, yaitu pada kategori thinking interdependenty dan thinking and communicating with clarity and precesion. Sedangkan pada kategori yang lain kurang sekali, bahkan ada satu kategori yang tidakmuncul selama pembelajaran yaitu pada kategori gathering data throught all sense.

Kata Kunci: habits of mind, metode praktikum dan diskusi


Full Text: 441-448