Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS VII MTs AL ANWAR SARANG KABUPATEN REMBANG DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Sumaji Sumaji

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, dengan model pembelajaran Group Investigation atau langsung pada siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang materi bilangan bulat dan pecahan, (2) untuk mengetahui manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah pada siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang materi bilangan bulat dan pecahan dan (3) pada masing-masing aktivitas belajar siswa (tinggi, sedang dan rendah) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran Group Investigation atau langsung pada siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang materi bilangan bulat dan pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu dengan rancangan faktorial 2x3. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2 0 1 2 sampai Agustus 2013 dengan populasi siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang Kabupaten Rembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dokumentasi dan angket. Sebelum data dianalisis maka terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis variansi (Anava) dua jalan dengan sel tak sama, dan kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan analisis data maka hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) model pembelajaran Group Investigation memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang materi bilangan bulat dan pecahan, (2) siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah pada siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang materi bilangan bulat dan pecahan, dan (3) siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah, model pembelajaran Group Investigation memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII MTs al Anwar Sarang materi bilangan bulat dan pecahan.

Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Group Investigation, Aktivitas Belajar.


Full Text: 813-818