Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CTL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA
Tya Wahyu Tri Rahayu

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan dan mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa digital worksheet menggunakan macromedia flash berbasis CTL pada materi statistika kelas X SMA sehingga menghasilkan bahan ajar yang valid dan implementasi pada uji coba lapangan dengan digital worksheet menggunakan macromedia flash berbasis CTL efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol.Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan tanggapan siswa diperoleh persentase ahli media sebesar 81,5%, ahli materi sebesar 83,3%, dan tanggapan siswa sebesar 83,48%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa digital worksheet menggunakan macromedia flash berbasis CTL valid. Hasil uji coba lapangan menunjukkan thitung> ttabel yaitu4,7602>1,67, maka hipotesis H0 ditolak, yang artinya pembelajaran menggunakan digital worksheet lebih efektif daripada yang tidak menggunakan digital worksheet. Hal ini ditunjukkan dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,321 yang lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 72,650.Dapat disimpulkan bahwa digital worksheet menggunakan macromedia flash berbasis CTL layak digunakan dalam pembelajaran dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi statistika di kelas X SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2013/2014.

kata Kunci: digital worksheet,CTL, macromedia flash.


Full Text: 799-804