Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
DESAIN “BLENDED LEARNING” UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Supandi Supandi, W. Kusumaningsih, L. Ariyanto

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Aplikasi Blended Learning telah banyak dilakukan dan menghasilkan peningkatan proses pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini difokuskan pada mendesain blended learning mata pelajaran matematika di Sekolah berbasis pada budaya daerah Semarang. Dengan demikian penelitian akan membangkitkan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter yang ada pada daerah tersebut. Analisis awal dalam penelitian ini dengan mengamati dan mengambil data terkait dengan kultur dan design model blended learning yang sesuai sehingga kebermanfaatan dari hasil akhir model akan efektif. Langkah selanjutnya pembuatan Draft model, validasi model, revisi model dan uji terbatas model.

Kata kunci : Blended Learning, Kearifan lokal, karakter, online,tatapmuka


Full Text: 783-788