Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU LKS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
D Nurmasari, Sudargo Sudargo, Supandi Supandi

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan memanfaatkan model pembelajaran Think Pair And Share dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu LKS Elektronik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari 10 soal bentuk uraian untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diketahui berdasarkan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal kelas eksperimen I sebesar 53% meningkat menjadi 87%, pada kelas eksperimen II sebesar 58% meningkat menjadi 89%, sedangkan pada kelaskontrol sebesar 47% meningkat menjadi 74%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair And Share dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu LKS Elektronik dapat meningkatkan hasil belajar matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Think Pair And Share, Talking Stick, LKS Elektronik, Hasil Belajar


Full Text: 775-782