Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN GIVING QUESTION AND QETTING ANSWER BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Sulistiyoningsih Sulistiyoningsih

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran. Untuk itu diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat merubah proses pembelajaran Cooperative Learning yaitu Model Pembelajaran Two Stay Two Stay (TSTS) dan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA). Dari pemilihan kedua model tersebut muncul permasalahan, manakah hasil model yang lebih baik antara model TSTS, model GQGA, ataukah model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil model TSTS dan mengetahui hasil model pembelajaran GQGA lebih baik dari pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di SMA dengan mengambil 3 kelas sebagai subjek penelitian yang berasal dari populasi berdistribusi normal.Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji ANAVA satu arah, uji t satu pihak, dan uji t dua pihak sehingga didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil model TSTS, model GQGA dan model konvensional, hasil model TSTS lebih baik dari model konvensional, hasil GQGA lebih baik dari model konvensional dan tidak ada perbedaan hasil model TSTS dan model GQGA. Dengan demikian dapat dikatakan model Model Pembelajaran Two Stay Two Stay (TSTS) dan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) memberikan hasil yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan statistika.

Kata Kunci: Two Stay Two Stay (TSTS), Giving Question and Getting Answer (GQGA).


Full Text: 757-762