Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DAN MODEL PELAJARAN TRADE A-PROBLEM DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Berlian Mangestuti

Last modified: 2014-11-18

Abstract


sangat berpengaruh pada pencapaian hasil belajar siswa.Seringkali dalam pembelajaran guru berorientasi pada penguasaan materi saja, siswa tidak diajarkan strategi belajar yang dapat memahami bagaimana itu belajar. Untuk itu diperlukan alternatif model pembelajaran yang lebih menarik dan menuntut siswa lebih aktif yaitu Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan Model Pembelajaran Trade A-Problem (TAP). Dari hal tersebut muncul permasalahan manakah model yang lebih efektif antara model GNT, model TAP, ataukah model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan efektivitas model pembelajaran Guided Note Taking, model pembelajaran Trade A-Problem dengan berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan model pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama dengan mengambil tiga kelas sebagai subjek penelitian yang berasal dari populasi berdistribusi normal.Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji ANAVA, uji t satu pihak, dan uji t dua pihak sehingga didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan efektivitas model GNT, model TAP dan model konvensional, efektivitas model GNT lebih baik dari model konvensional, efektivitas model TAP lebih baik dari model konvensional, dan tidak ada perbedaan efektivitas model GNT dan model TAP. Dengan demikian dapat dikatakan efektivitas model pembelajaran Guided Note Taking dan model pembelajaran Trade AProblem dengan berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: efektivitas, Guided Note Taking (GNT), Trade A-Problem (TAP), Lembar Kerja Siswa (LKS), hasil belajar.

Full Text: 723-730