Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN E-BOOK MATEMATIKA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMP N 1 BRANGSONG
Desy Puspitasari, Rasiman Rasiman, A. Buchori

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book matematika SMP dengan menggunakan model quantum learing yang layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mengetahui keefektifan e-book matematika SMP dengan menggunakan model quantum learning dalam proses pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok di SMP N 1 Brangsong. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP N 1 Brangsong. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes. Analisis statistiknya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t satu pihak.Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan hasil validasi dengan ahli materi 50% menyatakan sangat setuju, 50% menyatakan setuju, 0% menyatakan ragu-ragu, 0% menyatakan tidak setuju dan 0% menyatakan sangat tidak setuju. Dan ahli media 96,75% sangat setuju, 3,25% menyatakan setuju, dan 0% menyatakan ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju, sehingga e-book matematika SMP dengan menggunakan model quantum learning ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.(2) berdasarkan hasil uji t diperoleh yakni hitung = 4,175 t dengan taraf signifikansi 5% sehingga tabel =1,677 t . Karena hitung tabel t > t maka a H diterima, sehingga e-book matematika SMP dengan menggunakan model quantum learning efektif digunakan. Kesimpulannya adalah E-book matematika SMP dengan menggunakan model quantum learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok di SMP N 1 Brangsong.
Kata Kunci: Pengembangan, E-book, Model quantum learning.


Full Text: 715-722