Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF BERBASIS MAPLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) PADA MATERI LIMIT FUNGSI
C. Abdillah, Supandi Supandi, A. Buchori

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Pembelajaran dengan media komputermasih jarang dijumpai pada mata pelajaran matematika, khususnya materi limit fungsi pada siswa SMA.Salah satu software matematika yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan limit fungsi adalah Maple. Penggunaan media tersebut juga harus didukung dengan model pembelajaran yang tepat.Untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep limit fungsi, maka penulis mengembangkan CDinteraktif dengan model pembelajaran somatic, auditory, visual and intellectual (SAVI).Hal ini bertujuan untuk mengetaui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media CDinteraktif berbasis Maple dengan model pembelajaran SAVI lebih baik dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Mranggen kelas X dengan subjek penelitian diambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan CD interaktif layak digunakan dalam pembelajaran karena setelah validasi diperoleh rata-rata persentase ahli media adalah 91,67% sedangkan rata-rata ahli materi adalah 81,5%. Dari tes evaluasi diperoleh nilai rata-rata ulangan kelompok eksperimen sebesar 75,46 lebih baik dari pada rata-rata ulangan kelompok kontrol sebesar 69,25. Hal ini didukung oleh analisis uji t yang diperoleh thitung> ttabel yaitu (2,03 > 1,67). Dari penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh juga kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan CDinteraktif berbasis Maple dengan model pembelajaran SAVIlebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
kata kunci: CDinteraktif, Somatic, Auditory, Visual and Intellectual, hasil belajar

Full Text: 709-714