Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
Nurul Saidah, Eka Zuliana

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD 2 Gribig Kudus pada mata pelajaran matematika disebabkan oleh pembelajaran yang kurang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang bersifat real dan siswa hanya diperkenalkan pada satu cara penyelesaian matematika formal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru mengelola pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan respon siswa dengan menerapkan pendekatan PMRI pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Gribig Kudus. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa dan seorang guru dengan fokus penelitian kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran matematika materi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan PMRI dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, kemampuan pemecahan masalah matematika dan respon siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II memperoleh skor rata-rata 2,36 menjadi 3,27 dengan kualifikasi “sangat baik” (2) Peningkatan keterampilan guru pada siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 3,25 menjadi 3,78 dengan kualifikasi “sangat baik” (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dilihat dari peningkatan nilai ratarata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu 73,43 menjadi 88,93 (4) Respon siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 3,22 menjadi 3,78 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan siswa kelas IV SD 2 Gribig Kudus tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pecahan, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Full Text: 699-708