Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)DAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATICFACTION) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 15 SEMARANG
Eka Suci Fajariah

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, khususnya pokok bahasan lingkaran menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi guru yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dicarikan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD (Students Teams Achievement Division) dan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Saticfaction) berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Semarang kota Semarang pada bulan Maret. Penelitian eksperimen pada populasi kelas VIII dan diambil sampel kelas VIII A, VIII B, dan VIII F yang masing-masing kelas diberi model pembelajaran STAD berbantuan edmodo, model pembelajaran ARIAS berbantuan edmodo dan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes.
Hasil dari penelitian ini dapat ditunjukkan oleh uji anova yang didapat Fhitung=7,411 dan Ftabel=3,099, ternyata Fhitung> Ftabel, maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan edmodo, model pembelajaran ARIAS berbantuan edmodo dan model pembelajaran konvensional. Untuk analisis rata-rata dua sample,yaitu dengan hipotesis antara model STAD berbantuan edmodo dan konvensional didapat t =3,37441. Sedangkan hipotesis antara ARIAS berbantuan edmodo dan konvensional didapat t =3,20654. Adapun rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 adalah 80,67, kelas eksperimen 2 adalah 80,31, dan kelas kontrol adalah 74,06.

Kesimpulannya ialah, proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran dengan model pembelajaran STAD berbantuan edmodo dan ARIAS berbantuan edmododapat memberikan keefektifan terhadap hasil belajar siswa.

kata Kunci : STAD, ARIAS, edmodo, lingkaran, hasil belajar


Full Text: 661-668