Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Project Based Learning Berbantuan Edmodo Pada Mata Kuliah Statistik Dasar
Aryo Andri Nugroho

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika dengan strategi project based learning berbantuan edmodo pada mata kuliah statistik dasar untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan 4-D (Four-D) Thiagarajan Semmel dan Semmel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Universitas PGRI Semarang tahun ajaran 2013/2014. subjek penelitian ini adalah terdiri dari 2 kelas yang masingmasing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan dan penentuan subyek penelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu aktivitas mahasiswa (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes prestasi belajar. Olah data dengan uji banding dan uji pengaruh. Berdasarkan hasil validasi pengembangan media pembelajaran matematika dengan strategi project based learning berbantuan edmodo dikatakan valid dan pembelajarannya telah mencapai indikator efektif, yaitu: (1) Pembelajaran mencapai ketuntasan pada prestasi belajar mahasiswa dengan melihat rata – rata kelas eksperimen yang mencapai KKM yaitu sebesar 70,47. (2) Terdapat pengaruh positif aktivitas terhadap prestasi belajar mahasiswa yang ditunjukkan kontribusi pengaruhnya sebesar 20,8%. (3) Prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding prestasi belajar kelas kontrol yang ditunjukkan dengan rata – ratanya yaitu rata – rata kelas eksperimen sebesar 70,47 dan rata – rata kelas kontrol sebesar 55,21.

Kata Kunci: project based learning, edmodo, prestasi belajar, four-D


Full Text: 651-660