Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS FLIP BOOK MAKER DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP N 15 SEMARANG
Rasiman Rasiman, Noviana Dini Rahmawati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah mengembangkan media e-comic berbasis flip book maker dengan pendekatan scientific learning pada siswa kelas VIII yang valid?, (2) Apakah pembelajaran matematika dengan media e-comic berbasis flip book maker dengan pendekatan scientific learning pada siswa kelas VIII efektif?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 15 Semarang pada Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan subjek penelitian ini adalah terdiri dari 2 kelas yang masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan dan penentuan subyek penelitian ini diambil dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat yang dikembangkan adalah media e-comic berbasis flip book maker dengan pendekatan scientific learning untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Prosedur penelitian ini, mengacu pada pengembangan 4D Thiagarajan namun dibatasi sampai 3 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media e-comic berbasis flip book maker dengan pendekatan scientific learning telah mencapai indikator valid dan efektif. Indikator efektif tercapai meliputi prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding prestasi belajar kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi pendidik matematika untuk mencoba melakukan pengembangan media pembelajaran matematika serta dapat memanfaatkan teknologi yang berupa E-Learning untuk pembelajaran, sehingga akan menambah wawasan bagi guru maupun siswa.

Kata Kunci: e-comic, scientific learning, flip book maker


Full Text: 643-650