Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA POWERT POINT DAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
N. Halifin, Sutrisno Sutrisno, Supandi Supandi

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilator belakangi olehsiswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Salah satu factor penyebabnya adalah gaya mengajar guru yang lebih bersifat klasikal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu model pembelajaran berupa modelCooperative Scriptdan NHTberbantuan media Powert Point dan LKS pada materiKubus dan Balok, sehinggadapat menghasilkan modeldan media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan selama proses pembelajaran, serta diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X1dan X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan modeldan media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji anava, uji t satu pihak, dan uji t dua pihak. Hasil penelitian terdapat perbedaan modelpembelajaranCooperative Script, model pembelajaran NHT dan model konvensional.Hasilbelajarsiswamenggunakan model pembelajaranCooperative Script lebih baik dari
pembelajaran konvesional dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dari pembelajaran konvesional. Namun tidak ada perbedaan hasil belajar siswamenggunakan modelpembelajaranCooperative Scriptdenganmodel pembelajaran NHT berbantuan media Powert Point dan LKS.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranCooperatife Scriptdan NHT berbantuan media Powert Point dan LKS lebihefektif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KubusdanBalok

Kata kunci: Efektifitas,Cooperative Script, Numbered Head Together, Powert Point, LKS, Hasil Belajar, KubusdanBalok


Full Text: 637-642