Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNINGDAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU KARTU MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP
L. Kurniani, I. Indiati, Sudargo Sudargo

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantu kartu masalah, model pembelajaran Group Investigation berbantu kartu masalah dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP pada materi Statistika. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu.Agar kelas dalam penelitian ini berangkat dari titik tolak yang sama. Soal harus diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah soal memenuhi syarat sebagai soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning berbantu kartu masalah lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan Hasil belajar model pembelajaran Group Investigation berbantu kartu masalah lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Namun tidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbantu kartu masalah dengan model pembelajaran Group Investigation berbantu kartu masalah terhadap hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dan Group Investigation berbantuan kartu masalah memberikan hasil yang lebih efektif dibandingkan dengan pengajaran matematika dengan menggunakan model konvensional pada materi Statistika kelas VII SMP.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Group Investigation, Kartu Masalah, Hasil Belajar

Full Text: 629-636