Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika Sosial pada Siswa SMP Kelas VII dengan Pendekatan Saintifik
Musni Yuliastuti

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar siswa dan buku pedoman Guru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp (2009) , dengan tahapan (1) preliminary research yakni melakukan analisis kebutuhan dan konteks, kajian literature dan mengembangkan kerangka kerja konseptual pengembangan, (2) prototype, yakni mengembangkan bentuk contoh bahan kemudian melakukan iterasi (siklus mikro) dengan menggunakan evaluasi formatif untuk meningkatkan dan memperbaiki bahan, dan (3) assessment, yakni melakukan evaluasi sumatif atau semi-sumatif untuk menyimpulkan apakah bahan yang dikembangkan dapat memecahkan masalah yang telah dispesifikasi.
Hasil pengembangan berupa Bahan Ajar Siswa dan Buku Pedoman Guru materi Aritmatika Sosial dengan pendekatan saintifik. Bahan ajar siswa dan buku pedoman Guru telah divalidasi oleh ahli dan praktisi tentang aspek kegunaan, kelayakan dan ketepatan dengan hasil sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil ada beberapa salah ketik. Berdasar hasil uji coba kelas natural, dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan hasil belajar siswa bagus. Nilai rata-rata hasil belajar 88,08 dan 2 siswa dibawah KKM 75. Disarankan bahan ajar dikembangkan untuk KD-KD yang lain agar siswa lebih mudah belajar dengan pendekatan santifik dan Guru lebih mahir menyusun bahan ajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Aritmatika Sosial, Pendekatan Saintifik.

Full Text: 617-624