Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN BUKU SISWA KURIKULUM 2013 MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER PADA SISWA KELAS X
M. Saifuddin Zuhri, Didik Puwosetiyono, Farida Nur Syahidah

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Discovery Berbasis Scientific Learning Berbantuan Buku Siswa Kurikulum 2013 Materi Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Pada Siswa Kelas X terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Experimental. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X semester 1 di SMA N 1 Gubug kab. Grobogan. Dengan teknik purposive sampling dipilih dua kelas, kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu Kreativitas siswa (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar (Y) sebagai variabel terikat. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Olah data dengan uji banding dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran mencapai efektif yang ditandai oleh: a) Rataan kreativitas dan nilai akhir siswa secara individu melebihi KKM=70, dan secara klasikal lebih dari 85% siswa memperoleh nilai 65, diperoleh rataan kreativitas dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan, b) Pengaruh kreativitas terhadap nilai akhir dengan persamaan Yˆ = - 13,793 +1,191X artinya variable kreativitas (X) memberikan pengaruh positif terhadap nilai akhir (Y) juga dengan R Square 0,165 artinya variable kreativitas (X) memberikan kontribusi terhadap nilai akhir (Y) sebesar 16,5 %, c) Rataan kelas eksperimen sebesar 79,24 dan kelas kontrol sebesar 70,61, maka kelas eksperimen memiliki rataan nilai akhir lebih baik secara signifikan dari pada rataan kelas kontrol.

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Scientific Learning, Persamaan Linear, Efektif


Full Text: 611-616