Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR
S. Khoirunnisa, Sunandar Sunandar

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Minimnya kemaun serta kemampuan guru dalam menciptakan inovasi selama proses belajar mengajar mengakibatkan kurangnya antusiasme siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut di sadari atau tidak turut banyak mempengaruhi kualitas ilmu coba yang disampaikan. Oleh sebab itu, banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Oleh karena sangat pentingnaya inovasi dalam dunia pendidikan, maka upaya- upaya apapun yang coba di kembangkan, maka perlu diapresiasi dengan sebaik-baiknya. Adapun salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran berupa CD Interaktif Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) sehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model pengembangan Borg and Gall dimana dalam tahapanya terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 6 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Sebelum diujicobakan di lapangan, CD Interaktif Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli dan angket siswa sebagian besar berkriteria baik. Jadi media pembelajaran tersebut valid untuk diujicobakan. Uji keefektifan media menggunakan uji t pihak kanan, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 77,9 dan kelas kontrol adalah 73,9. Dengan analisis menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 1,81 > 1,67, maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Kata Kunci: CD Interaktif Matematika, Macromedia Flash 8, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)

Full Text: 605-610