Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODUL SEGIEMPAT DENGAN CD INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH
R. Wijayanti, Sunandar Sunandar, H. Purwati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Pendidikan harus dikembangkan dan diperbarui agar nantinya dapat menjawab segala kebutuhandan segala tantangan yang ada disekitar dan yang ada di masa mendatang.Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan.Hal ini dapat terjadi apabila minat belajar dan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran sangat baik.Namun kenyataan saat ini, minat belajar dan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran sejalan dengan hasil belajar peserta didik yaitumasih dalam kategori rendah.Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk melaksanakan penelitian dengan judul Pengembangan Modul Segiempat Dengan CD Interaktif berbantuan Adobe Flash, yang merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian Research and Development. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat modul segiempat dengan CDinteraktif berbantuan adobe flash yang layak (valid) digunakan dalam proses pembelajaran matematika.Sebelum produk diujicobakan di lapangan, modul segiempat dengan CD interaktif terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Selanjutnya dilakukan pembelajaran kepada peserta didik dalam uji coba lapangan. Dimana hasil dari validasi ahli dan angket tanggapan siswa semuanya berkriteria sangat baik, sehingga modul segiempat dan CD interaktif ini layak (valid) digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Uji keefektifan yang digunakan adalah uji t pihak kanan, yang hasil analisisnya diperoleh Ho ditolak, artinya hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul segiempat dengan CD interaktif berbantuan adobe flash(kelas eksperimen) lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan modul segiempat dengan CD interaktif berbantuan adobe flash(kelas kontrol)dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat kelas VIISemester II di SMP 5 Kudus tahun ajaran 2013/2014.Kesimpulan yang didapat yaitu produk yang dikembangkan ini dapat meningkatkan minat belajar dan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, CD Interaktif, Adobe Flash.


Full Text: 595-600