Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN E-COMIC BERBASIS FLIPBOOK MAKER DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT KELAS VII SEMESTER 2
Siti Maesaroh

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikandanminat siswa terhadap matematika selama proses belajar mengajar dan itu mengakibatkan banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitianini bertujuan untuk menciptakan suatu media pembelajaran berupa media e-comic berbasis flipbook maker sehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan selama pembelajaran berlangsung, serta diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama untuk menghasilkan e-comik yang menarikdanmeningkatkanmotivasipenggunanya dan tahap kedua untukmengujikeefektifan produk melalui tes uji coba dengan desain eksperimen Posttest-Only Control Design. Sebelum diujicobakan di lapangan, media e-comic berbasis flipbook maker terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahlimedia dan ahli materi selanjutnya dilakukan siswa dalam uji coba lapangan. Secara rata - rata hasil dari validasi ahli dan angket responden siswa sebagian besar berkriteria baik. Jadi media pembelajaran tersebut valid untuk diujicobakan.
Uji keefektifan produk ditunjukkan dari prestasi belajar kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol menggunakan uji-t satu pihak kanan, dengan analisis menggunakan uji t ini diperoleh nilai 𝑡!!"#$% > 𝑡!"#$% yaitu 4,443 > 1,67, maka H0 ditolak artinya pembelajaran dengan menggunakan media e-comic berbasis flipbook maker dengan pendekatan kontruktivisme lebihbaik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Media e-Comic, Software Flipbook Maker, Pendekatan kontruktivisme


Full Text: 579-582