Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTU FLIP BOOK MAKER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANTWO STAY TWO STRAY (TSTS) MATERI POKOK LIMIT FUNGSI KELAS XI
Nur Liana

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat peserta didik dalam mata pelajaran matematika dan kurangnya kemampuan guru atau pendidik untuk mengembangkan kreativitas dalam merencanakan, menyiapkan, dan membuat bahan ajar secara matang yang kaya inovasi sehingga menarik bagi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa modul pembelajaran berbantuflip book makerdengan model TSTS pada materi limit fungsi kelas XI sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan efektif.Penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model 4-D dengan tahap define (pembatasan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian eksperimen populasi dalam penelitian ini adalah kelas XISMK N 2 Kendal yang terdiri dari sepuluh kelas. Dengan teknik “Cluster Random Sampling” Kelas XI TKR1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TF1 sebagai kelas kontrol.
Cara pengambilan data dengan validasi ahli, observasi dan tes prestasi belajar. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase 86,25%, validasi ahli materi 76,25% dan angket tanggapan siswa71%. Jadi perangkat tersebut valid untuk di implementasikan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan thitung> ttabel yaitu 4,125>1,6696667 maka, hipotesis H0 ditolak, jadi rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran berbantu flip book maker dengan model TSTS lebih baik dari rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional

Hal tersebut menunjukkan pembelajaran kelas eksperimen mencapai efektif. Jadi validitas perangkat dan efektifitas pembelajaran tercapai.

Kata Kunci : Modul, Flip book maker, TSTS.


Full Text: 549-556