Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Pengembangan Modul dengan Menggunakan Flip Book Maker Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Nur Khayati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Media pembelajaran yang tidak sesuai dengan perkembangan IPTEK saat ini, akan membuat siswa bosan dan kurang antusias terhadap mata pelajaran yang disampaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan menggunakan FlipBook Maker berbasis kontekstual yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan penggunaannya dalam pembelajaran lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional/tradisionalInstrumen penelitian meliputi tes dan angket. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Godong Tahun Ajaran 2013/2014. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel dua kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Hasil penilaian responden terhadap modul diperoleh persentase sangat setuju 42.39%, setuju 56.26%, tidak setuju 1.25%, dan sangat tidak setuju 0.31%. Sehingga modul layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok. Pada uji hipotesis dengan menggunakan Uji t, diperoleh bahwa thitung > ttabel , yaitu 8.08 > 1.68 maka H0 ditolak artinya rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dengan modul berbasis kontekstual yang ditampilkan melalui FlipBook Maker lebih baik dari pada kelas kontrol.

Full Text: 557-564