Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SMA DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)BERBANTUANFLIP BOOK MAKERPADA MATERI STATISTIKA
L. Hastiningrum, Supandi Supandi, A. Buchori

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupaModulMatematika SMA DenganPendekatan PBL(Problem Based Learning)Berbantuan Flip Book Maker sebagai media pembelajaran matematika yang layak dan efektif selama proses pembelajaran berlangsung.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model ADDIE dengan tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi).Sebelum diujicobakan di lapangan, Modul Matematika Sma Dengan Pendekatan PBL (Problem Based Learning)Berbantuan Flip Book Maker terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli dan angket siswa sebagian besar berkriteria sangat baik. Jadi media Modul Matematika tersebut valid untuk diujicobakan.Uji keefektifan media menggunakan uji t pihak kanan yang hasil analisisnya diperoleh Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Modul Matematika Sma Dengan Pendekatan PBL(Problem Based Learning) Berbantuan Flip Book Makerlebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Statistika

Kata Kunci :ModulMatematika, ADDIE, PBL (Problem Based Learning), Flip Book Maker, statistika


Full Text: 535-540