Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF BERBANTUAN SWISHMAX DENGAN MODEL ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SEMESTER II
Ismawanto Ismawanto

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran matematika serta sulitnya memahamkan materi pelajaran matematika ke siswa merupakan suatu hal yang mendasari pemikiran penelitian ini. Maka dari itu, perlu sebuah inovasi pembelajaran yang dapat membuat pelajaran menjadi menyenangkan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga tercapainya sebuah tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang menarik, interaktif serta efektif yang berupa media CD interaktif berbantuan swishmax dengan model etnomatematika sehingga
menghasilkan media pembelajaran yang layak untuk digunakan selama proses pembelajaran berlangsung, serta dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP N 1 Jekulo serta dosen dan guru atau validator ahli. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan 6 tahapan yaitu : (1) Potensi dan masalah, membahas tentang potensi yang dimiliki lokasi penelitian dan masalah yang dialami guru serta siswa selama proses pembelajaran berlangsung, (2) Mengumpulkan informasi, membahas tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk perencanaan produk yang diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi, (3) Desain produk, membahas tentang penyusunan alur materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pembuatan desain tampilan, (4) Validasi desain, membahas tentang penilaian media oleh para ahli, (5) Revisi desain,membahas tentang perbaikan produk dengan mempertimbangkan saran dari para ahli), (6) Uji coba produk, tahap ini produk diujicobakan kesekolahan.
Uji keefektifan produk ditunjukan dari prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol menggunakan uji-t pihak kanan, dengan analisis menggunanakan uji-t didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,088> 1,67, maka Ho ditolak artinya pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif berbantuan swishmax dengan model etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan media CD interaktif berbantuan swishmax ini efektif digunakan sebagai proses pembelajaran.

Kata kunci : CD Interaktif, Swishmax, Model Etnomatematika


Full Text: 527-534