Last modified: 2014-11-18
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa CD Interaktif SMP berbantuan macromedia captivate melalui pendekatan PBL sebagai media pembelajaran matematika yang layak dan efektif selama proses pembelajaran berlangsung.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model ADDIE dengan tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi).Sebelum diujicobakan di lapangan, CD Interaktif SMP berbantuan Macromedia Captivate melalui pendekatan PBL terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu diperlukan juga angket tanggapan siswa mengenai media tersebut. Hasil dari validasi ahli dan angket siswa sebagian besar berkriteria sangat baik. Jadi media CD Interaktif tersebut valid untuk diujicobakan.Uji keefektifan media menggunakan uji t pihak kanan yang hasil analisisnya diperoleh Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif SMP berbantuan Macromedia Captivate melalui pendekatan PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun datar segiempat.
Kata Kunci : CD Interaktif, ADDIE, Macromedia Captivate, PBL (Problem Based Learning), segiempat