Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP YANG KOSTRUKTIVISTIK BERBANTU MODUL INTERAKTIF PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
Giartiningsih Giartiningsih

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP yang Konstruktivistik berbantu Modul Interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun Ajaran 2013/ 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswak kelas VII SMP Negeri 11 Semarang. Sampel diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum di ujicobakan dilapangan, bahan ajar matematika SMP yang konstruktivistik berbantu modul interaktif terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya dilakukan uji coba dilapangan pada siswa. Cara pengambilan data dengan validasi ahli observasi dan tes prestasi belajar. Hasil validasi ahli materi diperoleh 83,61%, validasi ahli media diperoleh 78,61% dan angket tanggapan siswa diperoleh 84,16%. Jadi bahan ajar tersebut valid untuk diimplementasikan. Uji keefektifan produk ditunjukkan dari hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol menggunakan uji-t satu pihak kanan, hasil penelitian menunjukkan thitung>ttabel yaitu 1,71 > 1,637, maka H0 ditolak artinya pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika SMP yang kostruktivistik berbantu modul interaktif pada materi segitiga dan segiempat lebih baik dibanding dengan konvensional. Keefektifan produk juga ditunjukkan dengan pembelajaran menggunakan bahan ajar matematika SMP yang kosntruktivistik berbantu modul interaktif pada materi segitiga dan segiempat lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional. Jadi validitas bahan ajar dan efektifitas pembelajaran tercapai.

Kata kunci: Pengembangan, Modul Interaktif, Konstruktivistik, Segitiga dan Segiempat


Full Text: 513-518