Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Pengaruh Pembelajaran Ekosistem Berbasis Masalah Global terhadap Penguasaan Konsep dan Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas X
Dita Agustian, Fransisca Sudargo, Wahyu Surakusumah

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya permasalahan lingkungan yang terjadi dan adanya harapan untuk membentuk generasi muda yang peduli terhadap kondisi lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran ekosistem berbasis masalah global terhadap penguasaan konsep dan kesadaran lingkungan siswa kelas X. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Randomized Pretest- Posttest Control Group Design dan sampling secara Random Cluster. Data diperoleh melalui tes penguasaan konsep, serta skala sikap kesadaran lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran ekosistem berbasis masalah global mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep, dan kesadaran lingkungan siswa. Selain itu, terdapat korelasi yang positif sebesar 11,56% antara variabel penguasaan konsep terhadap sikap kesadaran lingkungan siswa di kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 1,6%. Indikator sikap kesadaran lingkungan yang memiliki nilai paling tinggi yaitu peduli atau sadar dengan 94,64% dan yang paling rendah yaitu komitmen dengan nilai 63,39%. Hasil penelitian ini diharapkan bisa diimplementasikan di dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari untuk membiasakan siswa supaya lebih terampil dalam menguasai konsep, bernalar dan memiliki sikap peduli terhadap lingkungan.

Kata kunci : Pembelajaran Ekosistem Berbasis Masalah Global, Penguasaan Konsep, dan Kesadaran Lingkungan


Full Text: 469-474