Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS X PADA PENERAPAN STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING DAN RECIPROCAL TEACHING DI SMAN 9 MALANG
Abdul Basith, Aloysius Duran Corebima, Siti Zubaidah

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Pemahaman konsep dan retensinya merupakan implikasi dari kemampuan metakognitif sehingga penelitian tentang hubungan antara kemampuan metakognitif (termasuk keterampilan metakognitif) dan pemahaman konsep masih terus perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mempelajari hubungan antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep biologi serta mengungkap perbedaan pola hubungan yang terbentuk pada penerapan strategi problem-based learning (PBL) dan reciprocal teaching (RT). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang yang terbagi pada dua kelas yang dipilih secara acak. Penelitian dilakukan pada materi Monera, Protista, dan Fungi.Skor pemahaman konsep biologi diperoleh dengan tes hasil belajar kognitif berbentuk uraian yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Skor keterampilan metakognitif diperoleh dengan rubrik keterampilan metakognitif yang terintegrasi dengan tes uraian yang dikembangkan oleh Corebima (2009). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep biologi. Persentase kontribusi keterampilan metakognitif terhadap pemahaman konsep biologi pada penerapan strategi PBL dan RT secara berturut-turut adalah 50,5% dan 54,2%. Strategi PBL dan RT memiliki potensi yang setara dalam memberdayakan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep biologi dengan pola garis yang terbentuk dari persamaan regresi sejajar dan berhimpit.

Full Text: 423-428