Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENERAPAN STRATEGI PEER ASSISTED LEARNING (PAL)UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DALAM PERKULIAHAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN
Sariwulan Diana

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan strategi peer assisted learning(PAL) dalam perkuliahan Embriologi Tumbuhan, yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Topik perkuliahannya adalah mikrosporogenesis dan mikrogametogenesis untuk siklus I, dan makrosporogenesis serta makrogametogenesis untuk siklus II. Instrumen penelitian berupa soal isian, pilihan ganda dan esay tentang mikrosporogenesis dan mikrogametogenesis untuk menjaring skor siklus I, serta soal isian, pilihan ganda dan esay tentang makrosporogenesis serta makrogametogenesis yang digunakan untuk menjaring skor siklus II, lembar observasi presentasi kelompok mahasiswa, lembar penilaian makalah serta kuisioner untuk mengetahui respon mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik analisis variansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi PAL dalam perkuliahan Embriologi Tumbuhan pada siklus I, terdapat peningkatan gain penguasaan konsep dari 0,31 menjadi 0,90 bila menggunakan soal yang sama, dan menjadi 0,59 bila menggunakan bentuk soal yang berbeda. Pada siklus II terdapat peningkatan gain penguasaan konsep dari 0,65dengan menggunakan soal yang sama, dan menjadi 0,76 bila menggunakan bentuk soal yang berbeda. Dengan demikian penerapan strategi PAL dalam perkuliahan Embriologi Tumbuhan dapat meningkatkan penguasaan konsep. Semua mahasiswa menanggapi dengan sangat baik strategi PAL dalam pembelajaran tersebut.

Kata kunci: Peer Assisted Learning, embriologi tumbuhan


Full Text: 417-422