Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Pengembangan Modul Identifikasi Arthropoda Darat dari Hutan Pitu Kabupaten Ngawi pada Mata Kuliah Taksonomi Invertebrata
Putri Intan Sari, Cicilia Novi Primiani

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Ketersediaan modul mata kuliah Taksonomi Hewan Invertebrata dengan materi yang diperoleh dari lingkungan sekitar mahasiswa masih sangat terbatas. Modul yang tersedia bersifat tekstual dan pengacu pada sumber referensi secara umum dengan kajian dan contoh preparat sering tidak dikenal oleh dosen dan mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan modul identifikasi arthropoda darat pada mata kuliah Taksonomi Hewan Invertebrata. Penelitian dan pengembangan modul menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination) yang terbatas pada 3 tahap pengembangan. Hasil pengembangan berupa draf modul untuk diujicobakan. Hasil uji coba ahli isi materi mata kuliah diperoleh presentase keidealan 94% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan pengampu mata kuliah diperoleh presentase keidealan 78% dengan kategori baik. Hasil uji coba kelompok skala kecil diperoleh presentase keidealan 90,22% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menyatakan bahwa : 1) modul yang dikembangkan layak di gunakan dan sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran identifikasi arthropoda, 2) mahasiswa mengenal preparat arthopoda yang digunakan karena diperoleh dari lingkungn sekitar mahasiswa. Keterbatasan modul yang dikembangkan hanya disusun pada pokok bahasan arthropoda. Saran pengembangn perlu dilakukan uji coba skala luas untuk mengetahui efektivitas serta perlu dikembangkan pada materi invertebrata lain yang diperoleh dari lingkungan sekitar mahasiswa.

Kata kunci: arthropoda, modul, lingkungan sekitar.


Full Text: 307-312