Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN KALOR untuk MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 11 SEMARANG
Nugroho Prasetya Adi, Ngurah Ayu N. Murniati, Duwi Nuvitalia

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama satu bulan selama bulan Mei 2014, subjek dari penelitian ini adalahsiswa kelas X IPA 7 SMA 11 Semarang dengan jumlah siswa 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, siklus I materi yang diajarkan adalah pengertian suhu dan kalor, termometer, serta pemuaian. Siklus II materi yang diajarkan adalah kalor jenis, kapasitas kalor, dan Asas Black. Untuk siklus III materi yang diajarkan adalah perpindahan kalor.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar secara klasikal sebesar 63,89%, dengan aktivitas afektif dan psikomotorik sebesar 66,89% dan 75,61%. Pada siklus II, hasil belajar secara klasikal sebesar 75%, dengan aktivitas afektif dan psikomotorik sebesar 71,75% dan 79,63%. Sedangkan untuk siklus III, hasil belajar klasikal sebesar 86,11%, dengan aktivitas afektif dan psikomotorik sebesar 77,31% dan 87,03%. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X IPA 7 SMA N 11 Semarang.

Full Text: 279-290