Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI MEKANIKA FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 5 SMAN 1 BAE KUDUS
Renia Isna, Sri Hendratto, Sigit Ristanto

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika cukup rendah dan belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Maka perlu dicari solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran probing prompting berbantuan media power point pada pokok bahasan mekanika fluida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 di SMAN 1 Bae Kudus setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting berbantuan media power point.Penelitian ini dilakukan antara pertengahan bulan Maret sampai awal bulan April 2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus yaitu pada materi viskositas fluida, fluida dinamis dan penerapan asas Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,14% dan hasil belajar siswa dari siklus II ke siklus III sebesar 5,7%.Kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran probing prompting berbantuan media power point pada materi mekanika fluida dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Bae Kudus.

Kata kunci : probing prompting, power point, hasil belajar


Full Text: 267-272