Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (AO) BERBANTUAN ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI KINETIK GAS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 COMAL-PEMALANG
Kumar Kumar, Joko Saefan, Pratjojo Pratjojo

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan animasi flash terhadap hasil belajar teori kinetik gas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Comal Pemalang semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 4 kelas.Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, diambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran advance organizer dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 51,2 dan kelas kontrol 48,9. Hasil uji homogenitas nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh x2 hitung = 3,10 dan x2 tabel = 3,81. Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran advance organizer berbantuan animasi flash pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan posttest. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 90,10 dan untuk kelas kontrol diperoleh 78,38. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 11,61 dan ttabel = 1,668. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer berbantuan animasi flash terhadap hasil belajar siswa materi teori kinetik gas di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Comal Pemalang.

Kata kunci: Advance Organizer, animasiflash, hasil belajar.


Full Text: 255-260