Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
STUDI PENGARUH BUKU SISWA SUBTEMA PERISTIWA ALAM PADA KONSEP MITIGASI BENCANA ALAMTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD
Fine Reffiane, Achmad Abdul Choliq

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Motivasi merupakan hal yang penting untuk menarik minat siswa khususnya dalam kegiatan pembelajaran.Namun motivasi siswa tidak seperti yang diharapkan.Siswa cenderung kurang berminat ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.Sehingga kegiatan pembelajaran berjalan tidak efektif.Dalam penelitian ini, permasalahan inilah yang menjadi latar belakang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh buku siswa kelas V SD subtema peristiwa alam yang memuat penanaman konsep mitigasi bencana alam terhadap motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh buku siswa kelas V SD subtema peristiwa alam yang menanamkan konsep mitigasi bencana alam terhadap motivasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitianonegroup pretest-posttest design. Sampel yang diambil adalah satu kelas dengan teknik simple random sampling dengan cara pengundiansehingga diperoleh kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan buku siswa kelas V SD subtema peristiwa alam yang menanamkan konsep mitigasi bencana alam berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V A SD Keberhasilan pengaruh tersebut terlihat pada rata-rata nilai angket motivasi belajar siswa setelah perlakuan (posttest)yaitu 126,25 lebih besar dari rata-rata nilai angket motivasi belajar siswa sebelum perlakuan (pretest)yaitu 90,06.

Kata Kunci: pengaruh buku siswa, konsep mitigasi bencana alam, motivasi belajar siswa.


Full Text: 251-254