Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
Studi tentang Keterampilan Pembentukan Klaim mengenai Isu Sosio-Saintifik Siswa Sekolah Menengah Atas pada Kelompok Budaya Sunda
Bambang Ekanara, Nuryani Y. Rustaman, Hernawati Hernawati

Last modified: 2014-11-18

Abstract


Studi kasus ini bertujuan untuk mengungkap kualitas keterampilan argumentasi siswa kelas XI pada kelompok budaya Sunda mengenai isu sosio-saintifik berdasarkan perbedaan gender dan pola asuh yang diterapkan keluarga. Lebih spesifik, penelitian kualitatif ini menginvestigasi kualitas pembentukan klaim dan bukti serta penguat pendapat untuk klaim yang dibentuknya. Lembar argumentasi kloning diberikan kepada 44 orang partisipan digunakan untuk menjaring keterampilan argumentasi tertulis siswa (KATs), wawancara argumentasi kloning digunakan untuk menjaring keterampilan argumentasi lisan siswa (KALs), angket dan wawancara digunakan untuk mendapatkan data pola asuh keluarga (PAK) dan kesadaran gender keluarga (KGK) serta catatan lapangan sebagai triangulasi data penelitian. Argumen dinilai berdasarkan justifikasi pendapat yang dibentuk siswa, berdasarkan rubrik empat-skala. Analisis kualitatif yang dilakukan secara induktif menunjukkan bahwa siswa kelompok budaya Sunda sudah mampu membentuk klaim dengan justifikasi yang baik, KALs relatif lebih baik dibandingkan KATs pada siswa kelompok budaya Sunda, dan tidak ada perbedaan berarti antara siswa laki-laki dan perempuan dalam keterampilan argumentasinya. Beberapa temuan mengindikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan argumentasi siswa seperti kebebsan berpendapat dalam keluarga, peran siswa dalam keluarga, kemampuan berbahasa untuk mengungkapkan ide, dan pengaruh budaya. Implikasi penelitian dan pendidikan dari temuan ini masih perlu didiskusikan.

Full Text: 183-198