Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA SMP DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBANTUAN SOFTWARE MATHEMATICA UNTUK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013
Ali Shodiqin, Yanuar Hery Murtianto

Last modified: 2016-10-03

Abstract


“Pengembangan Buku Ajar Matematika SMP dengan pendekatan Metakognitif Berbantuan Software Mathematica untuk pembelajaran pada kurikulum 2013”. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan: (1) Merumuskan kebutuhan buku ajar matematika SMP yang menunjang kegiatan belajar mengajar yang mengacu pada kurikulum 2013, (2) mengembangkan prototype buku ajar matematika SMP dengan pendekatan metakognitif berbantuan software mathematica, (3) mengetahui hasil evaluasi kelayakan buku ajar yang dikembangkan dengan uji coba terbatas.

Metode penelitian pengembangan (Research and Development /R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan buku ajar matematika SMP dengan pendekatan metakognitif berbantuan software mathematica. Tahap metode tersebut mencakup: (1) tahap studi eksplorasi, yakni studi literatur dan studi lapangan digunakan sebagai analisis kebutuhan buku ajar matematika SMP; (2) tahap studi pengembangan, meliputi: analisis kurikulum2013 pada mata pelajaran matematika SMP dan desain produk awal (prototipe) buku ajar matematika SMP dengan pendekatan metakogitif berbantuan software mathematica dan (3) tahap evaluasi, untuk menguji kelayakan desain buku ajar yang dikembangkan.

Hasil yang diperoleh: 1) kebutuhan buku ajar matematika SMP yang dapat mendukung implementasi kurikulum 2013 menurut tanggapan guru seharusnya memperhatikan: (a) materi matematika yang disampaikan dimulai dari dimensi siswa, (b) materi yang diberikan kepada siswa erat kaitannya dengan lingkungan siswa, (c) siswa dapat belajar secara mandiri dengan bantuan buku ajar, (d) ada bantuan software matematika yang mudah digunakan untuk visualisasi rumus, grafik dan bentuk bangun datar, 2) tahap pengembangan buku ajar meliputi: (a) menetapkan kompetensi inti, (b) memilih kompetensi dasar, (c) mengembangkan indikator (d) mengkaji tahapan-tahapan metakognitif, (e) mengkompilasi materi dari kd yang dipilih dan indikator yang dikembangkan dengan tahapan metakognitif, (f) mengintegrasikan software mathematica pada beberapa indikator yang relevan,  3) hasil evaluasi Hasil evaluasi menunjukkan: (a) dari segi kelayakan isi calon pengguna produk merespon sangat baik dan baik mencapai 90% sehingga dari segi kelayakan isi buku ajar yang dikembangkan sudah layak, (b) respon sangat baik dan baik mencapai 95% dari segi kebahasaan (c) dari segi penyajian buku ajar responden calon pengguna produk merespon sangat baik dan baik mencapai 85%, oleh karena itu pada segi penyajian buku ajar sudah dikatakan layak, (d) respon sangat baik dan baik mencapai 100% dari segi kegrafisan sehingga dari segi kegrafisan sudah layak.  Disamping evaluasi desain juga dilakukan evaluasi terhadap konten buku ajar matematika SMP dengan pendekatan metakognitif berbantuan software mathematica yang meliputi 4 komponen yaitu: (a) materi disampaikan dimulai dari dimensi siswa  90 % responden memberikan tanggapan sangat sesuai, 10 % memberi tanggapan sesuai, (b) materi yang disampaikan erat kaitannya dengan lingkungan siswa SMP 100% responden memberikan tanggapan sangat sesuai, (c) buku ajar yang dikembangkan mengarahkan siswa untuk belajar mandiri 75% responden memberi tanggapan sesuai, dan 25% kurang sesuai (d) penggunaan software mathematica dalam buku ajar memudahkan visualisasi rumus gambar dan grafik 90% responden memberi taggapan sangat sesuai dan 10 % memberi tanggapan sesuai.

 

Kata kunci: Matematika SMP, Metakognitif, Mathematica


Full Text: PDF