Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Project Based Learning Model Terhadap Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA
Wiji Astutik

Last modified: 2016-11-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learningterhadap kreativitas siswa kelas X SMA N 3 Pati tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pati pada tanggal 12 Mei sampai 20 Mei2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Desaign. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini diambil dua buah kelas, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model project based learning dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model direct instruction(DI). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis uji t pihak kanan analisis kreativitas siswa diperoleh hasil ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 2,035>1,669 sehingga Ha diterima. Sedangkan dari analisis uji gain diperoleh gain termormalisasi kelas eksperimen sebesar 0,522 dan gain ternormalisasi kelas kontrol sebesar 0,437 maka kedua kelas tersebut mengalami peningkatan kreativitas kategori sedang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model project based learning (PjBL) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas siswa kelas X SMA Negeri 3 Pati.

ย 

Kata kunci : Kreativitas siswa, Project Based Learning, Pembelajaran Fisika


Full Text: PDF