Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Keefektivan Model Pembelajaran Think Pair And Share dan Paikem Gembrot Berbantuan Screencast O Matic terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Ika Ma’rifatul Jannah

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar yang berpengaruh pada prestasi belajar pada mata pelajaran matematika serta sulitnya memahami materi pelajaran matematika. Maka dari itu, perlu sebuah inovasi model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat membuat pelajaran menjadi menyenangkan khususnya pada materi statistika dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share berbantuan Screencast O Matic, Paikem Gembrot berbantuan Screencast O Matic don model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tru Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Banjarharjo yang berjumlah 12 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, terpilih tiga kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Data diperoleh dari test dengan soal uraian.Metodologi yang digunakan pada perhitungan ANAVA, uji t, uji regresi.Berdasarkan analisa dari perhitungan ANAVA terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Think Pair and Share dan Paikem Gembrot berbantuan Screencast O Matic dan model pembelajaran Konvensional. Dari perhitungan uji t satu pihak diperoleh hasil belajar siswa yang model pembelajaran Think Pair and Share berbantuan Screencast O Matic dan Paikem Gembrot berbantuan Screencast O Matic lebih baik dari model konvensional. Dari perhitungan uji t dua pihak terdapat perbedaan hasil belajar hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share berbantuan Screencast O Matic dan model Paikem Gembrot berbantuan Screencast O Matic. dari perhitungan Uji regresi diperoleh hubungan positif dan signifikan.Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair and Share dan Paikem Gembrot berbantuan Screencast O Matic lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika kelas X SMA N 1 Banjarharjo.

 

Kata kunci : Think Pair and Share, Paikem Gembrot, Screencast O Matic, Hasil Belajar.


Full Text: PDF