Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM II 2016

Font Size: 
Efektivitas Model Pembelajaran The Power Of Two dan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Software Screencast O Matic terhadap Hasil Belajar
Herwayuninda Annisa

Last modified: 2016-11-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran The Power Of Two dan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic dalam pembelajaran matematika yang ditunjukkan dari prestasi belajar yang lebih baik dari pembelajaran konvensional dan pengaruh yang positif dari motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banjarharjo tanggal 9–26 Mei 2016. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas X-MIPA 2 menggunakan model pembelajaran The Power Of Two berbantuan software Screencast O matic, kelas X-MIPA 4 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic dan kelas X-MIPA 6 menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) terdapat perbedaan prestasi belajar dengan menggunkan model pembelajaran The Power Of Two, Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic dan pembelajaran konvensional, 2) efektivitas model pembelajaran The Power Of Two berbantuan software Screencast O matic lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 3) efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic lebih baik daripada pembelajaran konvensional, 4) terdapat perbedaan prestasi belajar dengan menggunkan model pembelajaran The Power Of Two dan Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic, 5) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran The Power Of Two berbantuan software Screencast O matic, 6) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic, 7) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran The Power Of Two dan Two Stay Two Stray berbantuan software Screencast O matic lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika kelas X SMA Negeri 1 Banjarharjo.

 

Kata-kata kunci : Efektifvitas, The Power Of Two, Two Stay Two Stray, Screencast O matic.


Full Text: PDF