Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Profil Pemahaman Moral dan Harga Diri Siswa SMA, MA dan SMK di Kota Semarang
Agus Suharno, Heri Saptadi Ismanto, Agus Setiawan

Last modified: 2016-01-24

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman moral dan harga diri siswa SMA, SMK, dan MA di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode indigenous yang dilakukan dengan penyebaran angket. Dari hasil analisis diperoleh data mengenai profil pemahaman moral dan harga diri siswa dengan klasififikasi pengkategorian sebagai berikut: (1) siswa dengan pemahaman moral kategori tinggi sebanyak 32 orang (10,7%), (2) kategori cukup sebanyak 220 orang (73,3%), (3) kategori kurang sebanyak 40 orang (13,3%) dan (4) kategori rendah sebanyak 8 orang (2,7%). Penelitian ini memberikan manfaat bagi orangtua dalam memberikan pendampingan dan pola asuh yang tepat dalam lingkup keluarga, bagi guru dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pengembangan kurikulum yang bermuatan pemahaman moral dan harga diri dan bagi pengambil kebijakan dijadikan pedoman dalam memberikan fasilitas yang memadai kepada siswa sebagai upaya pengembangan diri menuju pribadi yang bermakna.


Full Text: 622-628