Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Buku Panduan Penggunaan Bahasa Ramah Anak Sebagai Upaya Peningkatan Kesantunan Berbahasa
Sri Suciati, Ika Septiana, Ahmad Rifai

Last modified: 2016-01-24

Abstract


Artikel penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kebutuhan awal pengembangan buku panduan penggunaan bahasa ramah anak sebagai upaya peningkatan kesantunan berbahasa.

Peserta didik dengan mudah meniru tuturan yang ada dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat meskipun tuturan tersebut tidak ramah anak. Kesantunan berbahasa dalam dunia pendidikan sangat memberikan pengaruh kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Hal tersebut dikarenakan anak lebih sering meniru apa yang dilakukan maupun yang diucapkan oleh orang lain. Berdasarkan penelitian mengenai aspek kata, kalimat, dan pragmatik bahasa ramah anak didapat hasil bahwa peserta didik kurang memahami tuturan yang berisi tingkat kesopanan dan sepatutnya diucapkan atau tidak diucapkan dengan orang dewasa. Hal tersebut memberikan dampak yang kurang baik apabila anak tidak dapat menfilter kalimat yang didengar. Dengan tuturan yang kurang baik maka akan memberikan dampak yang kurang baik pada karakter anak. Anak dapat menjadi tidak sopan atau kurng santun, kurang menghargai, dan menghormati orang lain. Semakin tinggi kesantunan berbahasa seseorang maka makin santun pula orang tersebut.

Kata kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Bahasa Ramah anak, Kesantunan berbah


Full Text: 615-621