Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Desain Content Management Information System Tracer Study Alumni Dengan Metode Framework For The Application Of System Thinking (FAST) Pada Universitas PGRI Semarang
Febrian Murti Dewanto, Bambang Agus Herlambang, Aris Tri Jaka Harjanta

Last modified: 2016-01-24

Abstract


Sebuah perguruan tinggi sangat membutuhkan data alumni yang telah diluluskan, informasi alumni itu berkaitan dengan informasi antara lain informasi mengenai data alumninya, jurusannya, tahun kelulusannya, tempat para alumni tersebutbekerja, dan masih banyak lagi. Pemanfaatan teknologi informasi dapat menghasilkan efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi yang ditunjukkan oleh kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi (validitas) yang dihasilkan. Universitas PGRI Semarang merupakan universitas yang telah menghasilkan jumlah alumni sekitar 36.000 alumni dari berbagai disiplin ilmu serta berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia saat ini memiliki kendala dalam mengelola data alumni, dikarenakan masih menggunakan sistem konvensional dalam pendataannya, hal ini sangat menyulitkan bagi pihak Universitas PGRI Semarang ketika harus menyajikan data alumni dengan cepat dan efisien.. Metode pengembangan system yang digunakan menggunakan FAST (Framework

For The Application Of System Thinking ). Alat bantu perancangan sistem yang digunakan dalampenelitian ini adalah Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram dan Kamus data. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan sistem yang dapat menjadi pedoman Universitas PGRI dalam mengembangkan Sistem Informasi Tracer Studi Alumni yang dapat memfasilitasi berbagai keperluan seperti, data alumni, tracer studi, lowongan kerja yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja serta diharapkan dapat menjadi media silahturahmi antar sesama alumni Universitas PGRI Semarang.

Kata Kunci :Analisa, Perancangan, Content Management System Information, Metode FAST, Tracer

Studi Alumni, Universitas PGRI Semarang.


Full Text: 560-566