Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
ANALISIS PERTANYAAN PENGKONSTRUKSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM KEGIATAN COLLABORATIVE ANALYSIS OF STUDENT RESPONSES
Intan Indiati, Nizaruddin Nizaruddin, Irkham Ulil Albab, Maya Rini Rubowo

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif yang bertujuan untuk a) mengetahui kerangka analitis

yang meyajikan kegiatan kolaboratif analisis terhadap lembar kerja siswa dan pengajuan pertanyaan di kelas oleh calon guru matematika, b) mengetahui kalimat pertanyaan yang memfasilitasi konstruksi kemampuan pemecahan masalah siswa melalui collaborative analysis of sample student responses serta c) mengidentifikasi berbagai feedback siswa yang muncul akibat pemberian pertanyaan. Teknik pengumpulan data adalah video typing ketika mahasiswa bertanya, wawancara ke siswa (peserta didik), serta lembar jawab siswa. Analisis data dengan metode triangulasi yang melihat pada kausalitas yang terus menerus, diperoleh deskripsi 1) kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi analisis kolaboratif dapat terjadi dalam kegiatan presentasi pekerjaan siswa di depan kelas, dan penjelasan ulang oleh guru sebagai konfirmasi. 2) Ragam kalimat Tanya mahasiswa PPL digolongkan dalam pertanyaan checklist tanpa lanjutan dan pertanyaan instruksional, dimana pertanyaan checklist lebih cenderung memmfasilitasi konstruksi pemecahan masalah, dan 3) Respons siswa akibat pertanyaan adalah spontan menjawab bila paham, atau pasif apabila tidak memahami maksud soal.

Kata Kunci: Kemampuan bertanya, Collaborative Analysis of Sample Student Responses, mengoptimalkan

respon


Full Text: 315-328