Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Partisipasi Orang Tua dalam Penyelenggaraan PAUD
Jamilah Jamilah

Last modified: 2016-01-21

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mendeskripsikan program PAUD yang memiliki perencanaan untuk partisipasi orang tua bagi peningkatan kualitas program PAUD. (2) Mengungkap Bentuk partisipasi orang tua pada penyelenggaraan program PAUD. (3) Mendeskripsikan dampak partisipasi orang tua pada penyelenggaraan pada program PAUD. (4)Menemukan Model partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan pada program PAUD yang dikembangkan sebagai alat peningkatan kualitas program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan pada pendidikan anak usia dini yang ada di kabupaten Sumenep yang PAUD Mutiara Hati dan PAUD Tarbiyatus Sgibyan.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan penyelenggaraan PAUD sudah berjalan meskipun sebagian orang tua belum sepenuhnya berpartisipasi dalam penyelenggaraan PAUD, (2) bentuk partisipasi dalam penyelenggaraan PAUD dengan melakukan parenting, keterlibatan dalam program dan kolaborasi antar orang tua dengan sekolah dalam penyekenggaraan program sedangkan (3) Dampak orang tua terlibat dan berpartisipasi dalam pendidikan anak, maka orang tua dapat memenuhi tanggungjawab sebagai orang tua ketika mengikuti kegiatan dan program yang melibatkan orang tua dari pihak sekolah. Program yang positif dan keterlibatan aktif orang tua dalam perawatan anak prasekolah dan Program PAUD menetapkan arah bagi orang tua tentang sikap terhadap keterlibatan mereka dan anak-anak mereka melalui kemajuan pendidikan (4) Model yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Model yang terdiri dari teori model Morrison di gabung dengan model Eipsten yaitu model PIC yang terdiri dari Parenting, Involvement dan Collaboration sehingga keterlibatan orang tua, pendidik dan masyarakat bisa terbangun untuk perkembangan anak usia dini.

 

Kata Kunci: masyarakat, orang tua, partisipasi, PAUD


Full Text: 308-314