Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
PENGEMBANGAN ASSESSMEN BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOT’s) MELALUI E-LEARNING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SMA
Sutrisno Sutrisno, Noor Miyono, Rina Dwi Setyawati, Nurina Happy

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Assessmen Berbasis Higher Order Thingking Skill (Hot’s) Melalui E-Learning Pada Mata Kuliah Matematika SMA”. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengembangan assessmen untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi bagi mahasiswa calon guru matematika?, (2) bagaimana kevalidan dari produk yang dihasilkan?, dan (3) apakah assessmen berbasis HOT’s tersebut efektif meningkatkan higher order thinking skill mahasiswa? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Perangkat yang dikembangkan adalah assessmen berbasis higher order thinking skill melalui e-learning pada Mata Kuliah Matematika SMA untuk meningkatkan higher order thinking skill mahasiswa yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Prosedur penelitian ini, mengacu pada pengembangan 4D Thiagarajan namun dibatasi sampai 3 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa assessmen berbasis higher order thinking skill melalui e-learning pada Mata Kuliah Matematika SMA telah valid yang divalidasi oleh ahli. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa assessmen berbasis HOT’s yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan higher order thinking skill mahasiswa.

 

Kata Kunci: Assessmen, HOTS, e-learning


Full Text: 277-285