Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Pola Kalimat Tanya dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Kuliah Kapita Selekta Bahasa: Sebuah Analisis Wacana Kelas pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univesitas PGRI Semarang
Ngatmini Ngatmini, Larasati Larasati, Agus Wismanto

Last modified: 2016-01-21

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis pertanyaan yang muncul dalam interaksi belajar mengajar mata kuliah berbicara program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univeritas PGRI Semarang; dan (2) Deskripsikan pola interaksi yang terjadi melalui pertanyaan guru yang dilaksanakan dalam pembelajaran berbicara di Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang. Dalam garis besarnya penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah etnometodologi dengan pendekatan fenomenologis yang berusaha memahami makna dari peristiwa yang terjadi pada konteks yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas pertanyaan yang diberikan dosen kepada mahasiswa berkembang dengan rata-rata satu pertanyaan terjadi dalam setiap satu menit. Jenis pertanyaan yang muncul pada interaksi dosen dan mahasiswa matakuliah Kapitaselekta Bahasa meliputi jenis pertanyaan faktual, pemikiran pertanyaan, pertanyaan terbuka, dan pertanyaa sosial, pertanyaan klarifikasi dan konfirmasi, dan pertanyaan biasa. Adapun pola interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa pada matakuliah Kapitaselekta Bahasa meliputi pola interaksi dengan pertanyaan probing, pertanyaan prompting, pertanyaan directing, pertanyaan compliance, dan pertanyaan rethoric. Disarankan Peneliti bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat melakukan tindak lanjut penelitian ini dengan skup data yang lebih heterogen. Dapat pula membandingkan kelas dengan latar belakang sekolah yang berbeda, seperti sekolah atau perguruan tinggi Islam dan nasional sehingga data yang diperoleh lebih variatif. Data factual penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam memperbaiki pola interaksi tanya jawab di dalam kelas.

 

Kata Kunci: kalimat tanya, pola interaksi, kapitaselekta bahasa

 


Full Text: 265-276