Last modified: 2016-01-21
Abstract
Pembelajaran sehari-hari erat kaitannya dengan komunikasi, salah satunya komunikasi matematis. Komunikasi matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan. Pesan yang dialihkan berisi tentang materi matematika yang dipelajari siswa, misalnya berupa konsep, rumus, atau strategi penyelesaian suatu masalah. Pihak yang terlibat dalam peristiwa komunikasi di dalam kelas adalah guru dan siswa. Cara pengalihan pesannya dapat secara lisan maupun tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian nilai-nilai karakter pada pembelajaran berbasis penghafal al-Qur’an di SDN 3 Palebon Semarang yang dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis adalah; religius, jujur, gigih, disiplin, rasa ingin tahu yang tinggi, sabar, dan rajin. Nilai-nilai karakter ini selaras dengan disposisi matematis.
Kata Kunci: komunikasi matematis, penghafal alqur’an.