Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
Perencanaan Pengembangan Potensi Berwirausaha Perspektif Pendidikan Ekonomi
Endang Wuryandini, Dwi Prastiyo Hadi, R Istiyaningsih R Istiyaningsih, Supriyono PS Supriyono PS

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Pengembangan potensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang merupakan upaya program Studi dalam mengembangkan enteprener muda sebagai realisasi pencapaian profil lulusan. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga mampu berkontribusi terhadap penyelesaian masalah pengangguran di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan potensi berwirausaha yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Ekonomi dan merancang model pengembangan potensi berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan pertama, melakukan studi pendahuluan untuk mendapatkan fakta empirik dan model faktuan. Kedua, menemukanh permasalahan dan kebutuhan untuk merancang model pengembangan potensi berwirausaha mahasiswa pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. untuk memperoleh data dan informasi dilakukan melalui observasi dan in dept interview. Uji keabsahan data dalam penelitian tahun pertama dan ke dua meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (objektivitas). Uji kredibilitas atau validitas internal data dalam penelitian ini dilakukan dengan trianggulasi meliputi trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Uji transferability (validitas eksternal) dilakukan dengan Focus Group Discution terbatas (FGD I) dan (FGD II) untuk uji lebih luas. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman meliputi: data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. hasil anasisi data diperoleh simpulan bahwa untuk mengembangkan potensi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang diperlukan pendidikan yang diprogramkan dalam kurikulum dan pelatihan/magang melalui DU/Di atau praktisi secara kolaboratif terintegrasi.
Kata Kunci : Potensi Berwirausaha, Pengembangan, Pendidikan Ekonomi

Full Text: 203-208