Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN 2015

Font Size: 
KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF MAHASISWA SEMESTER TIGA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Ngasbun Egar, Senowarsito Senowarsito, Siti Musarokah

Last modified: 2016-01-21

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiwa dalam menulis paragraf. Penelitian ini juga bertujuan mencari permasalahan yang dialami mahasiswa dalam menulis paragraf, dan mengetahui tendensi setiap permasalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester tiga yang mengambil mata kuliah Writing 2. Sampel penelitian ini sejumlah 30 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dan dianalisis menggunakan gabungan kuantitatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan mahasiswa semester 2 tahun akademik 2014/2015 dalam menulis paragraf adalah 2124 atau 70,8% dan dikategorikan good atau baik; 2) mahasiswa mengalami masalah pada lima komponen tulisan, yaitu organisasi tulisan, isi, struktur kalimat (grammar), mekanik dan perbendaharaan kata; dan 3) Tendensi dari lima komponen masalah tersebut, yaitu Grammar mendapat prosentase 17,2%. Sementara itu, mekanik mendapat prosentase 19,9%. Dengan prosentase 20,8% adalah organisasi tulisan di urutan ke tiga. Sedangkan, isi dan perbendaharaan kata menempati urutan terakhir dari masalah yang dialami mahasiswa dalam menulis paragraf dengan prosentase masing-masing 21%. Masalah paling tendensius yang dialami mahasiswa dalam menulis paragraf adalah grammar. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti perlu melakukan penelitian lebih mendalam terkait dengan masalah yang dialami mahasiswa dalam menulis paragraf sekaligus mencari sumber masalahnya, serta memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah mahasiswa dalam menulis paragraf.

 

Keywords: Kemampuan mahasiswa, menulis, paragraf


Full Text: 193-202